Wednesday 13 May 2015

Peringatan Isra Mi'raj 8 Mei 2015

Assalamu'alaikum.warahmatullah

Peringatan Isra Mi'raj


|Acara tahunan ini diadakan di Masjid Arafah dan kegiatan ini dimulai sekitar jam 4 atau setelah sholat Asar, sesudah pembukaan acara maka acara selanjutnya yaitu Tilawah Quran mengenai peristiwa Isra Mi'raj dilanjutkan sambutan ketua pengurus Masjid setelah itu pemateri|

Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA

●Apa sih makna Isra Mi'raj bagi ummat Islam?●

~ Hidup itu adalah sebuah perjalanan. Dalam perjalanan itu ada awal dan ada akhir. Tidak ada yg berjalanan tanpa henti. Dan pasti suatu hari perjalanan itu akan berakhir.

~ Dalam perjalanan banyak cobaan serta ujian. Perlu perjuangan untuk dapat sampai ke tempat tujuan. Arah yg dituju harus jelas bila tdk kita tdk akan pernah sampai ke tujuan kita.

■Perjalanan Isra Mi'raj yg dilakukan nabi Muhammad saw. banyak memiliki makna yg penting. Kita harus mampu menangkap 'ibrah yg tersembunyi dr peristiwa ini.

■Dalam menempuh perjalanan kita harus bermodalkan ilmu. Agama kita, Islam, saaaaaaaangat mengutamakan yg namanya ilmu. Perintah pertama agama kita yaitu membaca. Dan tidak ada agama lain yg perintah pertamanya membaca.

● Perjalanan Rasulullah saw bepergian dgn buroq saat isra mi'raj ●

♢ Banyak tanda-tanda yg ditemui beliau di perjalanan. Ada 3 tanda-tanda Allah yaitu Al Quran, alam semesta (makrokosmos), dan diri kita sendiri. Siapa yg mengenal dirinya sendiri maka ia mengenal Rabbnya. Contoh tanda yg dekat yaitu mimpi.

♢ Dalam perjalanan itu nabi saw. bertemu dgn seorang perempuan. Ia memanggil manggil beliau. Namun Rasulullah saw tdk menoleh. Ternyata ia adalah dunia. Dunia dari kata dana, dania, yaitu dekat. Dunia itu jangka pendek yg menghancurkan jangka panjang (nikmat membawa sengsara).

- Berbeda dgn akhirat, akhir, ujung, sesuatu hal yg memiliki jangka panjang. Kemudian beliau bertemu dgn orang-orang yg menanam. Mereka itu menanam pada hari itu lalu berbuah pada hari itu juga lalu dituai lalu tumbuh lagi lalu dituai lagi. Lalu Jibril as menjelaskan bahwasanya orang itu adalah orang yg berjihad. Jihad itu penting! Jihad melawan hawa nafsu, jihad melawan kemiskinan, jihad di jalan Allah. Jihad itu luas :) bukan hanya di medan perang maknanya.

■ Mi'raj  artinya tangga, jamaknya Ma'arij. Tangga rohani menuju Allah. Nabi saw bertemu dgn para nabi terdahulu dari langit pertama sampai langit ke tujuh. Lalu Rasulullah saw melihat Jibril as di Sidrathul munthaha. Setelah sampai ke hadapan Allah, nabi saw. mendapatkan perintah shalat. Shalat merupakan mi'rajnya orang beriman. Demikianlah perjalanan yg dilakukan nabi saw.

Rasulullah saw bersabda : Aku menyukai 3 hal dlm kehidupan ini, yaitu:
1. Parfum
- Ini mengisyaratkan keindahan yg dinikmati oleh hidung kita (keindahan yang tidak berbentuk)
2. Wanita
- Keindahan yg bisa dilihat (keindahan yang berbentuk)
3. Shalat
- Sebagai Medium keindahan yg dapat kita rasakan utk menghubungkan keindahan dunia dgn Tuhan Yang Maha Indah.

"Nilai kehidupan seseorang di masa kini tidak dinilai dari apa yang telah ia berikan pada kehidupan namun apa yang ia miliki" - Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA

■Ilmu itu laksana cahaya dlm memberikan petunjuk. Orang yg tdk memiliki ilmu seperti org yg tersesat dlm kegelapan. Salah satu ilmu terpenting dlm kehidupan yaitu ilmu agama. Allah akan melimpahkan rahmatNya kepada hambaNya yg istiqamah di dalam agamaNya.

■Ada 3 elemen yg akan membuat kita selamat dalam kehidupan di dunia dan di akhirat yaitu ilmu, iman, dan yaqin. Yaqin berbeda dgn iman.

■Yaqin itu keimanan yg tlah terbukti dgn kebenaran dlm kehidupan kita. Tahap awal yaqin yaitu keraguan. Bahkan nabi Ibrahim as. pun pernah merasakan keraguan. Seiring berjalannya waktu yaqin akan muncul dgn sendirinya dan keraguan akan mulai menghilang.

■Kebaikan itu adalah kebahagiaan. Sebab fitrah manusia itu suka yg baik. Maka sesuatu yg buruk bertentangan dgn hakekat dasar manusia. Manusia yg normal menyenangi hal-hal yg baik. Jika ia menyukai hal-hal yg buruk maka dia tidak normal -_-

■Yang pertama yg harus kita capai yaitu jadi orang baik baru berprestasi dan jangan terbalik! Orang shaleh pasti orang baik. Perhatikan kepribadian kita harus baik di mata Allah dan disenangi manusia.

■Rasa percaya sangat penting dlm kehidupan bermasyarakat. Rasa itu aka muncul ketika lingkungan itu memiliki kondisi yg adil dan sejahtera. Orang baik adalah orang yg senantiasa memperbaiki pribadinya sendiri, berbakti pada orang tua, memperhatikan pergaulannya, dan memiliki ilmu.

■Orang yg bahagia versi Rasulullah saw adalah orang yg berilmu, teman bergaul yang baik, memiliki pasangan yg baik, memiliki keterampilan/kemandirian serta memiliki anak yg shaleh(ah).

■Hikmah is wisdom. Kearifan. Kebijaksanaan. Ini merupakan modal hidup. Pemimpin harus memiliki sifat bijaksana. Apa itu bijaksana? Kemampuan utk menerapkan ilmu pengetahuan dlm kehidupan nyata. Untuk mendapatkan hikmah kita harus memiliki ilmu lalu mengamalkannya. Sekali mengamalkan maka hikmah akan tumbuh di diri kita.

■Orang tua harus memberikan kontribusi dengan cara mencontohkan yg baik kepada anaknya dlm perkara agama.

■Mu'jizat adalah suatu hal yg tdk bisa ditiru oleh manusia biasa dan bertentangan dengan hukum alam.

▪Ketika kamu melangkah kamu pasti akan menemui masalah. Tenanglah. Kedamaian selalu menunggu dengan setia di ujung lainnya. Tetaplah melangkah :)

▪Zaman modern juga masih ada berhala .
"Berhala adalah sesuatu hal yg dibuat oleh manusia dan ia tunduk padanya."
Ex: Handphone, TV, game, Teman, artis idola,dsb.

Dsb....

Acara pun ditutup dengan doa dan makan bersama.

Semoga Allah senantiasa merahmati orang yang belajar dan mengajarkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin #CMIIWW

(Dengan sedikit perubahan dan tambahan, special thx to @Mats_nd)

Saya Ricky Indra Hari Saputra
Terima kasih

No comments:

Post a Comment