Sunday 28 August 2016

TETANUS oh TETANUS

1
2

3

Assalamu'alaikum,
Hallo Sobat Batutulisan!

Setelah sekian lama tidak Update, saya akan membagikan kisah tentang pengalaman saya terkena benda yang bisa dibilang cukup berbahaya.

Pada saat itu tepatnya di Pagi hari Jumat di tanggal 26 Agt 2016, Kami berlima memakai mobil akan menuju wisata Arus sei kambang yang letaknya di Aranio (Ambil kiri dari Gerbang mandiangin / terus saja Ikuti Jalan utama). Lalu, kami datang dan saat itu diminta 30k untuk parkir + biaya masuk (Gambar 1) . Kemudian, kami memakai jalan yg lain daripada pintu masuk karena saat itu sedang ditutup karena tengah hari. Saya yang berada didepan memandu teman-teman dan menemukan jalan turun , lalu saya menuruni jalan tersebut dan alhasil kaki saya tertancap Paku Karatan yang bekas terbakar (Ya, Paku tersebut menembus sepatu dan kaos kaki saya) yang menyebabkan pendarahan dan kami pun lakukan pertolongan pertama (P1) mengeluarkan darah tersebut dan memakai air liur sebagai obat darurat. Lanjut kisah, P1 tersebut setidaknya dapat mengeluarkan sedikit dari "Kotoran" yang masuk namun masih menyisakan warna hitam didalam luka tersebut yang menyebabkan pada malam hari luka tersebut menjadi bengkak berbentuk kotak.

Akhirnya , dengan rekomendasi ortu saya menuju IGD RS. SM untuk membersihkan luka tsb. Dan saya memasuki ruang IGD dan para perawat pun menanggapi dengan serius hal tsb. Dan singkatnya saya pun disuruh tengkurap. Dan luka saya dibuka dengan bentuk "X" dan bagian indahnya πŸ˜… yaitu suntikan 4 sudut pada luka tersebut..... iya di lukanya :v , bayangkan aja sendiri ketika kamu tidak sengaja tertusuk jarum misalnya dan sakitnya itu sebentar karena kita pasti akan dengan cepat memcabutnya supaya meringankan sakit, tapi yang ini ibaratnya kamu dengan suka cita ditusuk 4 jarum...yeah dat feel.

Lanjut, setelah melalui kejadian yang menyenangkan tadi wkk, maka perawat tadi menyuruh saya berpindah kasur sembari menunggu obat Tetanus (250k) dipanaskan. Maka saya menunggu sekitar 10 Menit dan obat tersebut disuntikkan di pipi burit (Rasanya Keram" gimana gitu).

Singkat langsung di akhir, Total cost nya adalah ( Gambar 2) 420k untuk tindakan dan 301k
(Jadi, jumlah keseluruhan 721k + parkir 2k - NotSafeForAnakKos) untuk menebus obat berikut:
1. X Cam = Sebagai pereda nyeri (Obat dosis kuat , harus dengan resep dokter) 1x sehari 1 Tablet
2. NutriFlam = Pereda nyeri juga klo gk salah 2x sehari 1 Kapsul
3. Baquinor Forte = Antibiotik (Minum sampai habis) 2x sehari 1 Tablet

Setelah saya pulang kerumah, untuk berjalan masih tidak enak (yaiyalah, kan diperban gan) jadi berjingkit sampai besok hari karena besok pagi katanya udah boleh dilepas dan memang klo diinjakkan normal sedikit mengeluarkan darah namun pada malam hari sudah tidak mengeluarkan darah lagi dan lebih sedikit saja nyeri nya (Malah saya main bola paginya wkk ya pakai sepatu lahπŸ˜†). (Gambar 3) ya itu penampakan malah hari pada keesokan harinya dan sudah bisa jalan normal.

Sebagai penutup, itu saja yang bisa saya share dan untuk hal ini jangan pernah dianggap sepele karena Tetanus itu bisa menyebabkan kematian dan yang terakhir ingat, saya yang belum sehari aja udah penyembuhannya rasanya "greget" begitu, apalagi didiamkan begitu lama. Itu saja terima kasih dan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum. Warahmatullah

Ricky Indra Hari Saputra
Minggu, 28 Agustus 2016

No comments:

Post a Comment